Translate

Senin, 19 Maret 2012

PENANGANAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA BERACUN (B3) RUMAH SAKIT ISLAM FAISAL TERINDIKASI MENCEMARKAN LINGKUNGAN SEKITAR

sisa sampah medik yang ditemukan dilokasi bertumpuk tanpa kantongan

Masih berbincang masalah penanganan limbah bahan berbahaya beracun (B3) untuk rumah sakit. Kali ini rumah sakit Islam Faisal yang jadi perbincangan kita. Hasil survei dari LSM RABSI dalam hal ini koordinator mengatakan Rumah sakit Islam Faisal terindikasi melakukan pencemaran lingkungan. Hal ini terbukti dari pengolahan limbah B3 nya yang terindikasi mencemari aliran got warga dan air tanah permukaan.
Dari data dinas lingkungan hidup, dalam hal ini Danny yang mengatakan bahwa Rumah sakit Islam Faisal Melakukan pencemaran lingkungan manakala tempat sampah khusus limbah B3nya kurang sesuai dan ada sampah rumah tangga tercampur dengan bahan selang infus kit di bak sampah.
Temuan jelas dilapangan sampah medik alias limbah B3 khusus spoid dan jarum suntik tampak tertumpuk berserakan disalah satu tempat sampah dan jika hujan atau panas terkena langsung, tanpa tutup dan air yang bersentuhan dengan jarum suntik dengan spoid ini mengalir langsung ketanah sekitar tempat sampah tersebut serta meresap ketanah dan ke aliran got warga samping tembok rumah sakit. Untuk baj sampah umum sampah rumah tangga juga tim investigasi LSM Rabsi mendapati selang imfus kit bercampur dengan sampah. Sama persis penuturan Denny dari dinas lingkungan hidup kota makassar .
Tanggapan direktur Rumah sakit saat perjumpaan kami wartawan menuturkan dirinya masih baru di rumah sakit faisal ini. Itupun fungsinya agar bisa membenahi segala kesalahan prosedur termasuk penanganan limbah ini. Untuk masalah limbah tersebut, direktur sangat membenarkan bahwa penanganannya salah dari direktur lama sudah begitu. Lewat direktur sekarang ia ingin membenahi segala kesalahan di rumah sakit Islam Faisal ini.harapan Direktur semoga semuanya bisa berjalan baik tanpa ada lagi keluhan pencemaran limbah.
Kondisi ini sudah terjadi harapan kami sekiranya bisa cepat teratasi agar pencemaran air tanah permukaan bisa segera di hentikan dan limbah B3 sisa infus kit bisa tidak tercampur dengan limbah rumah tangga. (TIM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar